Kamis, April 24

KUM-ITT (Kuliah Usaha Mandiri Ilmu Teknologi Terapan)








KUM-ITT yang biasa disingkat dengan nama Kumit sama anak2. Arie kurang 2 sks lagi buat lulus waktu itu dan pengen nikah. Tapi bapak, kasih persyaratan. Kalo belom lulus, arie belom boleh nikah. Jadilah ngebela-bela in buat kumit, yang kalo di tanya temen temen arie pasti males. Ga kebayang aja gt tinggal di desa.. terpencil.. biarpun itu udah 2 taun lalu, arie mo posting sekarang ah.. berikut foto2nya..



Kumit itu acara taunan yang diadain sama Trisakti khusus buat mahasiswa yang udah ngambil brapa SKS gt.. *lupa* mahasiswa di tempatin di daerah tertentu yang udah di tentuin sama Trisakti. Kelompok juga udah di tentuin sama kampus, terdiri dari anak anak di semua fakultas *random*. Beberapa waktu sebelum berangkat kita di briefing. Mo ngelakuin apa buat desa itu. Misalnya, arie di tempatin di desa banyu biru. Di banyu biru misalnya dari segi ekonomi, orang masih butuh pemasukan. Kita ajarin kerajinan yang bisa dia kelola setelah kita pergi nanti. Itu yang dipikirin sama anak ekonomi. Kalo arie dari segi hukum, misalnya proses pembuatan KTP sama peraturan2 yang tidak tertulis yang mudah di pahami sama mereka. Dan lain lain.



Hari H, berangkat dari kampus.. tiap bis di kelompokkan sesuai dengan kelompoknya. Wuiih.. rame banget! ada pelepasan dulu.. sampe banten, masih ketemu sama gubernurnya dulu.. abis itu baru deh jalan menuju desa. Jauuuuuuuuuuhh banget. Lamaaa akhirnya sampe. Desanya bener2 terpencil. Yang listrik aja kalo udah malem pasti mati. Kebayang ga sih? bete abisnya. Tiap malem, ada giliran tugas. Dan arie bantuin yang mana aja sih. Penyuluhan gigi lah, Ngajarin nari lah. Buset deh! anaknya pada bandel semua! semua! ngajar nari aja sampe mo marah.. tapi mereka cuma anak2 kan? so?? ga bisa juga. tiap malem ada aja yang nangis, pengen pulang. Sumpah yah, disana tuh ga betah banget. Rasanya mo pulaaaang terus. Makan pagi, siang dan malem di rumah ibu lurah. Makan prasmanan gt. Bosen lama2. Semua yang tadinya sabar juga jadi belingsatan kalo inget Jakarta. Tiap malem sebelum tidur dan setelah penyuluhan yang terakhir, biasanya ada rapat. Evaluasi. Disana kita ngomongin semuanya. Dulu nih, kita benci banget sama ketua kelompoknya. Bener2 sebel kalo cari muka di depan dosen pembimbing. Sampe waktu itu arie buka front. Bilang kalo anak2 ga suka dan bla2. Adu mulut sih, cuma abis itu kita lega dan malah akrab.



Pernah nih suatu saat, kita bener2 bosen. Pengen pulang banget! akhirnya kabur. Jalan keluar dari desa, nanjak kira2 2 kilo.. ga ada lampu satu pun. Ber rame2.. lupa deh siapa aja. Sampe jalan raya, kita nyetop pick up. Naek diatasnya. Kita pengen liat laut. Sebetulnya kita di Anyer, tapi sama skali jauh dari laut. Sampe di pinggir jalan, kita jalan kaki lagi. Nyari laut. Sampe sana teriak se kenceng2nya. Puas! Bakar2 kelapa kering di pinggir jalan. Pinjem gitar orang2 di sekitar. Sumpah yah enak banget. Sampe kita ngerasa cape sendiri. Trus bingung! Pulangnya gimana. Akhirnya kita pulang jalan kaki. Ada kali 4 kilo. dan ternyata sampe desa, udah di tungguin sama dosen pembimbing. Sumpah yah dia marah! padahal bapak itu baik banget. Kesel banget pastinya sama kita. Soalnya tiap desa selalu di pantau sama orang2 dari kampus. Dan kalo ada yang bermasalah, dosennya yang kena. Maafin kita yah pak. Beberapa hari terakhir, kita kompak abis! maen di kali bareng. Penyuluhan bareng. Bikin baju sablonan bareng. ooohh.. kangen banget! suasananya tuh dapet banget.. yang mandi bareng lah. teriak2an matiin lampu kamar mandi kalo udah mo malem. Numpang mandi di rumah rumah penduduk yang laen. Satu satu kita gedor, permisi numpang mandi. Hahaha.. Mas Rully juga sempet nengok, tapi orang tua, sodara, pacar cuma boleh nengok hari sabtu aja.. hihihi.. kangen banget sama dia.. Hari terakhir, kita di harusin nampilin display kegiatan yang kita lakuin. Ada pak Thoby Mutis yang meriksa ke tiap desa.. kita berlomba2 bikin bagus desa kita.. Bikin gapura, perbaikan disana sini.. akhirnya jadi juga.. dan pak Thoby puas banget.. Malemnya, acara udah selesai.. Kita nyegat pick up *FYI : disana mobil cuma ada pick up* naek bareng2 ber 20an.. empet empet an.. seru tapi.. pas udah mo maghrib, kita mutusin ke desa tetangga.. ini juga termasuk pelanggaran.. cuma kita udah ga perduli.. hahaha.. pas bener2 maghrib kita ngelewatin hutan.. yap! hutan belantara.. buset! serem mampus! bener2 ga brani gt semuanya.. pada nunduk.. baca baca sebisanya.. ayat kursi lah.. surat surat yang kita bisa lah.. sumpah serem banget.. pas sampe di desa yang kita tuju, anak2 sana pada ga ada lagi pada penyuluhan.. gila! serem abis.. udah kayak kota mati yang disana.. kita tungguin sampe mereka dateng.. abis itu balik lagi ke desa.. hahah.. kita carter mobilnya.. bodo amat nilai kita di kurangin.. cuma kebersamaannya dapet banget..

Besoknya kita harus pulang ke Jakarta, sediiiiiiiiiih banget. Kayaknya udah deket banget sama semuanya.. Ada satu anak namanya ichan, dia idola kita.. suka di gendong2.. deket sama semua anak2.. pas kita mo pulang dia ngintip dari pager.. dan nangis.. poor ichan.. kita juga sedih chan..
Sumpah yah! Enak banget kumittnya.. pengalaman yang paling menyenangkan.. dan ga akan pernah arie lupain.. dan sampe sekarang masih berhubungan sama anak2 yang di banyu biru..

0 comments: