Selasa, Juli 15

nangis ni yeeee

HIDROTUBASI

Salah satu bentuk tes untuk menilai patensi tuba (menilai terbuka atau tertutupnya saluran tuba). Biasanya dilakukan pada hari ke-7 hingga ke-11 siklus haid pada pasien-pasien infertilitas, yaitu setahun setelah menikah, tapi tak kunjung hamil.

Hidrotubasi dilakukan menggunakan cairan yang dimasukkan dalam selang dan disemprotkan ke dalam vagina. Itulah mengapa, pemeriksaan ini sering dikenal dengan istilah "ditiup". Pemeriksaan ini tanpa risiko, kok, sehingga bisa diulang-ulang.

"Kalaupun si wanitanya sangat sensitif, paling timbul reaksi alergi. Namun dengan diberikan antibiotik, biasanya alergi pun akan hilang."

HSG/Histero Salvingografi

Seperti halnya hidrotubasi, HSG dilakukan untuk menilai saluran tuba dan tumor-tumor yang ada di sekitarnya.

"Saluran tuba ini bisa terbelokkan oleh adanya tumor. Karena itu diperlukan pemeriksaan HSG."

Pemeriksaan HSG juga dilakukan pada hari ke-7 hingga ke-11 siklus haid.

"Karena saat itu dinding dalam rahim paling tipis, juga sel telur tidak ada, sehingga paling pas untuk dilakukan pemeriksaan HSG ataupun hidrotubasi."

Dibandingkan dengan pemeriksaan hidrotubasi, maka pemeriksaan HSG lebih berisiko terkena radiasi. Sebab, pemeriksaan HSG menggunakan zat
radioaktif/rontgen.

"Sel telurnya juga bisa terkena radiasi, sehingga ada kemungkinan sel telur yang normal jadi mati."

Kemaren, hari senen.. arie di HSG di RSPP.. mo liat apakah ada penyumbatan di saluran arie.. serem ngebayanginnya.. dari hari arie daftar.. udah takuttt.. untungnya si mas ikut nemenin.. ijin bentar sama bosnya.. dan arie emang mo ke kantor pulang HSG ini..

Sampe depan ruang tunggunya jantung rasanya mo copot.. takutnya setengah mati.. sambil nunggu si mas megang tangan arie.. sambil menghibur2.. sampe nangis gt arie.. saking takutnya.. mas bilang "dek, kalo kamu mo batalin HSG nya nggak papa.. kalo kamu emang ngerasanya belom se siap itu.. tapi inget yaaahh.. kan kita mo usaha bareng bareng.. katanya ade mo punya anak.. kan harus di periksa.. jadi biar ketauan kalo ada yang salah.. kalo ga ada ya alhamdulillah.." duh rasanya mo lari aja dari depan pintu ruang tunggu radiologinya.. tapi arie pengen hamil.. pengen punya anak.. itu yang bikin arie tetep duduk manis di sana.. meskipun bolak balik ke toilet saking paniknya..

Tapat jam 8 ada suster keluar manggil "Nyonya Arie" .. langsung jantung mendadak berenti! takut! banget banget! berattt banget rasanya mo ngelangkah masuk ruangan radiologinya.. dan mas ga boleh masuk.. hiks hiks.. sampe sana susternya nanya ini itu.. mastiin kalo arie emang belom pernah hamil.. belom pernah keguguran.. dan sampe hari H mo HSG belom berhubungan.. soalnya.. takut kalo iya, akan rusak kena radioaktif yang akan di masukkin ke rahim arie.. abis itu arie ganti baju.. semua di lepas.. semuanya! termasuk anting .. kalung .. dll.. dan arie siap2 naek ke tempat tidur khususnya.. sereeeeeemmmmm..

Dokter nya dateng.. alat2nya udah disiapin.. dan pelipis arie mulai basah sama air mata.. yup! arie nangis saking takutnya.. susternya ngejelasin.. nanti akan di masukkin logam ke Mrs V nya arie.. dan akan dialirin cairan berwarna biar ketauan ada sumbatan apa nggak.. im so scared.. dan mulai deh tindakannya..

Arie baca doa kenceng2.. bodo amat deh.. abis sakit.. tangan suster muda nya arie remes2 ga karuan.. arie takut.. sakit dan ga berdaya.. abis itu di foto.. arie disuruh pipis.. abis itu naek lagi.. perut rasanya muleeeeeeessssssss banget.. *ga mo ngebayangin lagi ahhh*

Tadinya arie mo ke kantor.. cuma sakit aja gt.. dan mulesnya minta ampun.. ga kuat.. akhirnya pulang aja.. di rumah bobo.. dan nangis.. ga tau nangisin apa..

Perjuangan buat punya anak susah juga ternyata.. dan sakit.. arie udah semua.. hidrotubasi.. sekarang HSG.. mudah mudah an Allah liat usaha arie sama mas ini.. dan di mudahin punya anak, arie ga nyerah! i'll try harder.. makasih ya Allah.. buat semuanya.. buat rasa sakit.. buat mimpi arie terus hidup.. mudah2an cepet jadi kenyataan..

7 comments:

Mama Shahira dan Syafiq mengatakan...

Sabr ya tante Arie.. Duuh.. Nangis ni yee...hehehhee.. dulu juga waktu mama periksa krn hamil bermasalah sempet stres krn ada alat yg mesti di masukin ke situ..hii syerem bayanginnya.. tp kan yang penting hasilnya tante.. Shasa do'ain mudah2 tante Arie segera di kasih momongan.. Amien..

Arie Marzuli's mengatakan...

to mama shasa : iyaaa, makasih ya sha.. ma.. it means a lot to us..

Anonim mengatakan...

Daging..Keep on Fighting babe aku akan selalu mjadi cheerleadermu...U Go girl...

Bundanya Nay dan Carissa mengatakan...

Sabar ya say...aku juga pernah tuh digituin, tau deh bacanya aja sampe cenut2...he...he...

Arie Marzuli's mengatakan...

puty : thanks ya beb..

Bunda nay : hihihi.. ga mau lagi ah bund ngebayanginnya

Anonim mengatakan...

Ya Allah rhie..aq bacanya jadi ikutan sedih, perjuanganmu luar biasa deh..smg dimudahkan dan terkabul doanya..aminnn

nochan mengatakan...

iya..iya..aku juga ikutan bdoa smoga pengorbanannya segera terbayar ya rie..huhuhu
abis kayanya horor banget gitu pemeriksaannya..
*komat-kamit bdoa*